Tips Jitu Agar Aman dari Radiasi Smartphone

by Lintang Sunu 202 views0

Telepon seluler (ponsel) pintar hampir dimiliki setiap orang untuk menemani aktivitasnya. Tiada hari tanpa menggunakan smartphone baik itu untuk menelpon, mengirim pesan, berselancar di internet atau sekedar update di sosial media. Dari mulai bangun pagi hingga menjelang terlelap tidur di malam hari, kebanyakan orang tak bisa lepas dari dawai canggih tersebut.

Sebagai perangkat teknologi yang menggunakan elektromagnetik, sudah dipastikan dari berbagai penelitian bahwa ponsel pintar memiliki radiasi yang cukup berbahaya bagi kesehatan manusia. Berdasarkan pemaparan Dr, George Carlo dari Wireless Technology Research (WTR), radiasi ponse pintar dapat menyebabkan gangguan psikologis bahkan terparahnya hingga bisa menyebabkan kerusakan DNA.

Berikut ini tips jitu bagaimana menghindari radiasi dari ponsel pintar tanpa menghilangkan esensi dan nilai kegunaan ponsel itu sendiri.

1. Jauhkan Ponsel Pintar dari Kepala Anda

Saat melakukan percakapan menggunakan telepon pintar, sebisa mungkin jauhilah ponsel Anda dari kepala Anda. Hal ini untuk mengurangi pancaran radiasi secara langsung ke otak. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menggunakan mode loudspeaker saat melakukan percakapan telepon.

2. Jauhkan Ponsel Pintar Anda Saat Tidur

Seperti pada poin sebelumnya, sangat penting untuk menjauhkan radiasi ponsel ke otak. Oleh karena itu, hindari menggunakan ponsel menjelang tidur di kasur karena saat ketiduran biasanya handphone akan tergeletak di dekat kepala kita. Hal ini menjadi penting mengingat radiasi handphone dapat menganggu kualitas tidur.

3. Hati-Hati Menggunakan Perangkat Anti Radiasi

Jangan tertitu oleh iming-iming perangkat anti radiasi yang biasa dijual di pasaran seperti stiker anti radiasi. Menurut penelitian di Perancis menunjukkan bahwa stiker anti radiasi tidak membawa pengaruh apapun terhadap radiasi ponsel.

4. Jangan Simpan Ponsel di Saku Celana

Penyimpanan ponsel pintar di saku celana membuat tingginya pancaran radiasi terhadap alat vital. Hal tersebut sangat berbahaya. Oleh karena itu, simpanlah ponsel di tas atau dompet.

5. Jangan Gunakan Ponsel di Area Lemah Sinyal

Area dengan sinyal lemah membuat ponsel Anda meningkatkan frekuensi dan pancaran radiasinya. Semakin lemah sinyal, semakin ponsel Anda berupaya menemukan sinyal, dan semakin besar pula radiasinya. Oleh karena itu, ketika sinyal jelek, hindari penggunaan ponsel.

6. Menjaga Agar Baterai Ponsel selalu Penuh

Baterai ponsel yang lemah membuat ponsel meningkatkan upaya menangkap sinyal dari tower. Hal ini membuat ponsel Anda semakin meningkatkan radiasinya. Dengan menjaga agar batere ponsel Anda selalu penuh, Anda dapat meminimalisasi radiasinya.

7. Dilarang Keras Menelpon Sambil Menyetir

Saat mengendarai kendaraan sangat tidak disarankan untuk menerima telepon. Selain mengganggu konsentrasi, melakukan percakapan di telepon saat mengemudi menyebabkan Anda terkena risiko terpaan radiasi ponsel cukup tinggi. Hal ini disebabkan saat sedang melakukan pergerakan, ponsel akan meningkatkan frekuensi radiasi untuk menangkap sinyal dari tower.

8. Kurangi Fitur Telepon

Kurangilah bertelepon di ponsel pintar. Sebaiknya gunakan telepon rumah atau menggunakan fitur pesan seperti SMS, Line, BBM, dan Whatsapps. Hal ini karena fitur telepon membuat ponsel memancarkan radiasi lebih tinggi daripada fitur pesan.

9. Gunakan Mode Terbang

Saat ponsel Anda tidak digunakan, aktifkan mode terbang atau flight mode. Dengan mode ini, risiko paparan radiasi ponsel bisa ditekan karena mode ini menonaktifkan atau mematikan jaringan data dan seluler.

10. Jika Ingin Menelpon, Gunakan Telepon Rendah Radiasi

Jika Anda memiliki dana berlebih, tidak ada salahnya Anda membeli ponsel non smartphone atau biasa disebut ponsel jadul. Ponsel ini walau jadul namun bisa digunakan untuk melakukan percakapan telepon khususnya dalam jangka waktu lama. Radiasi yang dipancarkan dari telepon non smartphone biasanya lebih rendah ketimbang smartphone.

Referensi: Anekato10.com, majalahgadget.com, okezone.com, infotech-review.com

Tinggalkan Komentar