Warning: fopen(/tmp/custom-XxJDzO.tmp): failed to open stream: Disk quota exceeded in /home/openbpyr/public_html/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 117

Warning: unlink(/tmp/custom-XxJDzO.tmp): No such file or directory in /home/openbpyr/public_html/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 120
Trik Jitu Meningkatkan RAM Pada Smartphone Tanpa harus Root - Lintang Tech

Trik Jitu Meningkatkan RAM Pada Smartphone Tanpa harus Root

by Lintang Sunu 26 views0

Saya yakin pasti semua akan kesal saat smartphonenya tak mampu bekerja optimal karena keterbatasan kapasitas RAM. Random Access Memory atau yang populer dengan sebutan RAM ini berfungsi sebagai perangkat yang menyimpan memori sementara saat suatu program atau aplikasi digunakan.

Trik Jitu Meningkatkan RAM Pada Smartphone Tanpa harus Root

Saat kita menjalankan lebih dari satu aplikasi, maka aplikasi yang sudah kita gunakan sebelumnya akan disimpan di RAM. Hal ini memungkinkan pengguna bisa mengakses aplikasi secara serentak dari bersamaan atau biasa disebut multitasking. Dengan meningkatknya frekuensi pemakaian aplikasi, tentunya hal tersebut berdampak pada RAM. Jika RAM pada smartphone Anda tinggi, misalnya 2GB atau 4GB maka tidak ada masalah. Tetapi jika RAM Anda di bawah 1 GB dan Anda memaksakan multitasking, tentunya smartphone akan mengalami lag atau bahkan mati mendadak.

Sebenarnya, bisa saja Anda melakukan root untuk meningkatkan RAM di ponsel android Anda. Akan tetapi bagi Anda yang baru membeli handphone baru, hal tersebut cukup berisiko dan dapat menghilangkan garansi dari ponsel Anda. Oleh karena itu, untuk meningkatkan RAM ponsel Anda tanpa melakukan root, langkah berikut ini patut Anda coba.

1. Jangan Gunakan Mode Animasi pada Layar atau Wallpaper

Memang benar tampilan animasi pada layar atau wallpaper dapat mempercantik ponsel pintar Anda. Hal ini dapat menghidupkan suasana berbeda dan kepuasan mata dalam memandang dawai layar sentuh tersebut. Akan tetapi, ternyata penggunaan tampilan animasi tersebut dapat menguras penggunaan RAM Ponsel Anda. Alih – alih mempercantik tampilan ponsel Anda, justru Anda malah membuatnya menjadi lemot. Tentu Anda tidak mau bukan?

Jika Anda ingin memainkan game atau menonton video bisa-bisa terhambat karena space kosong RAM ponsel pintar Anda digunakan lebih dulu oleh tampilan animasi pada layar atau wallpaper. Oleh karena itu, jika ponsel pintar Anda memiliki kapasitas RAM terbatas dipastikan penggunaan tampilan animasi pada layar atau wallpaper ponsel pintar Anda sangat tidak direkomendasikan.

2. Gunakan RAM Optimizer

Khusus bagi pengguna sistem operasi android, Anda dapat mengunduh aplikasi RAM Optimizer atau penambah ruang kosong pada RAM Anda. Ingat, RAM Optimizer bukan berarti menambah RAM ponsel Anda dari 1 Gb menjadi 2 Gb, akan tetapi meningkatkan memori ruang kosong RAM Anda misalnya dari kapasitas 1 GB, maka ruang kosong penyimpanan yang tadinya 200 Mb menjadi 400 Mb.

Salah satu aplikasi RAM Optimizer yang dapat diunduh secara gratis di google play antara lain: Memory Booster – RAM Optimizer dan Smart Booster. Kedua aplikasi tersebut bekerja dengan cara menghentikan aplikasi -aplikasi yang tidak diperlukan.

Dengan menghentikan aplikasi – aplikasi tersebut maka akan berdampak pada penghematan ruang RAM ponsel Anda sehingga Anda akan leluasa menggunakan aplikasi yang membutuhkan penggunaan RAM cukup besar seperti game dan video.

Aplikasi Smart Booster pun bekerja dengan cara membersihkan cache atau sampah yang ada di ponsel android Anda dengan cara yang mudah dan cepat. Cache yang ada dalam ponsel Anda berpotensi meraup jatah penyimpanan memori RAM yang seharusnya mampu dimanfaatkan oleh aplikasi yang Anda perlukan.

3. Nonaktifkan Sementara Jaringan Data

Jika Anda sedang dalam kebutuhan mendesak yang mengharuskan akses aplikasi dengan penyimpanan RAM tinggi ataupun kebutuhan gaming, Anda sebaiknya menonaktifkan jaringan data Anda secara sementara atau bisa pula dengan cara mengaktifkan mode terbang (flight mode). Hal ini karena aktivitas jaringan data dan proses sinkronisasi aplikasi mampu menyerap penyimpanan RAM cukup tinggi.

Nah itu dia tehnik meningkatkan RAM tanpa root yang bisa kami berikan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar