Trik Keren Pada Whatsapp yang Belum Banyak Diketahui

by Lintang Sunu 108 views1

Dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia, whatsapp ternyata memiliki segudang fitur yang menarik dan mampu dikostumisasi sesuai kebutuhan pengguna. Sayangnya, fitur-fitur tersebut belum banyak diketahui oleh masyarakat. Lalu bagaimana trik dan cara mengaktifkan fitur fitur tersebut. Berikut pemaparan lebih rincinya.

1. Menonaktifkan Tanda “Read” Centang Biru

Setiap orang yang telah membaca pesan atau chat whatsapp Anda, pasti tanda “read” atau centang dua akan berubah warna dari putih menjadi biru. Akan tetapi, jika centang masih belum berubah warna maka tandanya pesan Anda belum dibaca.

Terkadang jika seseorang yang telah membaca namun tidak membalas pesan akan memunculkan sentimen negatif. Sudah dibaca kok tidak dibalas? Selain itu, kita terkadang ingin agar kita tetap bisa membaca namun tidak ingin langsung dibalas.

Fitur WhatsApp Read

Baik untuk menghilangkan sentimen negatif tersebut dan kasus yang disampaikan di atas, kita bisa melakukan trik dengan menonaktifkan fitur tanda “read”. Anda hanya perlu mengklik menu Setting lalu pilih Accounts kemudian Privacy. Geser ke bawah dan centang di pilihan menu Read Receipts. Mudah bukan?

2. Buat Status “Last Seen” Tak Terlihat

Kadang kita tidak ingin segera membalas pesan seseorang namun tanda “last seen” membuat orang lain tahu kapan kita terakhir sedang online. Hal ini pun dikhawatirkan bisa menimbulkan kembali sentimen negatif. Tadi udah online, tapi kok ga dibalas?
Untuk menghindari kasus demikian, Anda perlu mengatur agar status “Last Seen” Anda tidak terlihat dengan begitu, orang lain tidak mengetahui kapan Anda terakhir online.

Fitur Last Seen pada WhatsApp

Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara memilih menu Setting lalu pilih Accounts kemudian Privacy. Pilihlah menu Last Seen. Terakhir, Anda hanya perlu mengklik Nobody sehingga informasi tersebut tidak akan bisa dilihat oleh siapapun.

3. Mengecek Apakah Pesan Dibaca Walaupun Tanda “Read” Dimatikan

Apakah Anda memiliki pasangan, teman, atau kolega yang sulit sekali dihubungi walau sudah Anda kirim pesan atau chat berkali-kali sementara tanda “read” dan “last seen”- nya dimatikan?

Jika Anda menemukan kasus seperti itu, Anda patut mengeceknya apakah mereka benar-benar mengabaikan pesan Anda atau tidak. Caranya mudah saja, cukup kirim pesan suara. Hal ini karena, fitur Read Receipt tidak berlaku pada pesan suara. Jadi jika centang pesan suara Anda sudah berwarna biru, itu tandanya bisa jadi ia sengaja mengabaikan pesan Anda.

4. Amankan Informasi Penting

Anda pasti sering menemukan informasi-informasi penting yang ada dalam percakapan pribadi atau grup seperti informasi rapat penting dan sebagainya. Jangan biarkan informasi tersebut tenggelam oleh percakapan lain atau membuat Anda bersusah payah men-copy paste informasi tersebut ke dalam memo.

Anda cukup menekan pesan yang Anda anggap sebagai informasi penting tersebut agak lama. Nanti akan keluar tanda bintan di bagian atas. Dengan menekan tanda bintang tersebut, pesan yang Anda tandai akan disimpan oleh Whatsapp dan dapat kembali dibuka dengan cara menekan menu titik tiga di sudut kanan atas dan klik tab Starred Messages sehingga Anda tak perlu repot-repot men-scroll layar di percakapan Anda.

5. Mengutip Pesan Teman di Grup

Percakapan di Grup Whatsapp biasanya selalu panjang apalagi jika anggota grupnya banyak. Jika Anda belum sempat membalas pesan teman Anda yang sudah tenggelam di grup, Anda bisa mengutip pesan teman Anda tersebut agar terlihat rapi dan relevan.

Caranya mudah, tekan agak lama pesan teman Anda yang ingin Anda jawab, nanti muncul tanda panah ke kiri di bagian atas lalu klik. Setelah itu muncul garis kiri di kutipan yang ingin Anda jawab dan Anda pun dipersilakan untuk membalas pesan tersebut.

Comments (1)

  1. nahh, ilmu dasar begini yg banyak org justru belum tw.. hahaha

Tinggalkan Komentar