Trik Mudah Membuat Password yang Aman dan Sulit Dibobol

by Lintang Sunu 64 views0

trik-mudah-membuat-password-yang-aman-serta-sulit-dibobol

Di era globalisasi yang selalu membutuhkan internet saat ini, password atau kata sandi adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan di dunia maya. Berbagai jejaring sosial yang ada seperti Facebook, Twitter, atau Instagram, pasti memerlukan sistem keamanan berupa kata sandi. Fungsinya adalah agar akun media sosial yang merupakan berisi data-data privasi tersebut tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sekarang ini telah terbukti banyak kejadian yang tidak menyenangkan datang dari para pemilik akun media sosial karena berbagai informasi pribadi mereka telah dicuri dan tersebar atau dimanfaatkan oleh pihak lain yang mereka sendiri tidak mengetahuinya. Oleh karena pentingnya peran dari password atau kata kunci tersebut, maka dalam membuat kombinasinya tidak boleh sembarangan.

Agar akun Anda tidak mudah dibobol orang lain, berikut akan kami berikan 4 tips membuat password yang baik dan aman.

1. Buat Password yang Unik

Memilih kata yang aman dan kuat untuk digunakan sebagai password bisa dikatakan gampang-gampang susah. Sebagian besar orang masih menggunakan tanggal lahir, nama, atau sekedar kombinasi angka 1 hingga 9 untuk dijadikan kata sandi akun sosial medianya. Memang dengan memakai kombinasi tersebut dapat meminimalisir terjadinya lupa kata sandi. Namun, kata sandi demikian akan mudah ditebak apalagi oleh para hacker.

Apabila akun Anda masih menggunakan kombinasi-kombinasi kata sandi seperti yang disebutkan di atas, maka saya sarankan untuk login akun Anda sekarang juga dan segera ganti password Anda jika tidak ingin akun Anda dibajak dan merugikan Anda.

Anda bisa mengkombinasikan antara angka dan besar kecilnya huruf dengan karakter seperti titik, koma, slash, atau dash agar kata sandi yang Anda buat tidak mudah dibobol. Misalnya saja [email protected], tentu akan sulit ditebak bukan?

2. Semakin Panjang Kata Sandi Akan Lebih Kuat

Di beberapa media sosial yang kita temui juga telah menerapkan kebijakan kepada penggunanya dalam pembuatan password yang panjang yaitu minimal harus 8 karakter. Hal tersebut adalah untuk menjaga keamanan akun penggunanya agar tidak mudah diretas.

Dengan membuat password yang panjang, Anda telah memperkecil kemungkinan seseorang untuk bisa membuka akun Anda. Oleh karena itu, jika Anda ingin memiliki akun yang kuat, maka buatlah kombinasi kata sandi yang panjang. Jika ingatan Anda kuat, cobalah untuk membuat password yang lebih panjang lagi.

3. Bila Perlu, Selalu Ganti Password

Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengganti kata sandi. Jika password akun Anda tetap sama dari hari ke hari, maka kemungkinan besar orang lain pun akan mengetahui bagaimana kombinasi kata sandi Anda karena melihat Anda mengetikkannya setiap akan login. Tentunya hal tersebut akan berbahaya apalagi jika Anda memiliki musuh.

Maka yang bisa Anda lakukan adalah merubah kata sandi minimal satu bulan sekali. Dan bila perlu, Anda pun bisa merubahnya satu minggu sekali tergantung kebutuhan keamanan Anda. Terlebih lagi jika Anda sudah mencurigai jika ada orang lain yang sudah mengetahui password akun Anda. Segeralah ganti password Anda dengan yang kombinasi yang baru.

4. Usahakan 1 Password Hanya Untuk 1 Akun

Memang akan lebih memudahkan jika setiap akun kita menggunakan satu kombinasi kata sandi saja. Mungkin dikhawatirkan akan lupa jika terlalu banyak kombinasi huruf dan angka yang dihafalkan karena akun yang kita urus sangat banyak. Namun, tidak ada salahnya untuk membedakan password untuk setiap akun yang kita miliki. Terutama untuk email dan akun yang menyimpan data penting Anda seperti akun perbankan.

Itulah beberapa tips untuk Anda dalam membuat password yang baik dan aman agar sulit dibobol. Saran terakhir saya adalah buatlah kata sandi yang unik dan panjang, namun mudah untuk Anda ingat. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Komentar