Zenfone AR, Smartphone Pertama dengan Dukungan VR dan AR

by Anthony Hermanto 90 views0

Setelah spekulasi dan isu yang tersebar beberapa bulan lalu, Asus secara resmi mengumumkan kehadiran Zenfone AR dan Zenfone 3 Zoom pada acara CES 2017 rabu kemarin di Las Vegas. Zenfone AR merupakan smartphone pertama yang memiliki dukungan Tango sekaligus Daydream, sedangkan Zenfone 3 Zoom memiliki fitur dual-kamera dengan baterai superbesar 5.000 mAh. Nah, pada artikel ini akan dibahas ulasan mengenai Zenfone AR, Smartphone Pertama dengan Dukungan VR dan AR

asus_zenfone_ar_hardware
ASUS Zenfone AR, Smartphone Pertama dengan Dukungan VR dan AR , serta memiliki baterai sebesar 3.300 mAh dengan QuickCharge 3.0

Dukungan AR dan VR

Zenfone AR merupakan smartphone yang menarik. Pasalnya pada smartphone ini terintegrasi dua platform sekaligus, yaitu Tango untuk AR dan Daydream untuk VR, berbeda dengan Lenovo Phab 2 yang hanya mendukung Tango. Pada acara CES kemarin, Asus menyatakan bahwa brandnya bekerjasama dengan Google agar konsumen bisa merasakan pengalaman AR dan VR dengan smartphone ini.

Performa & Display ASUS Zenfone AR

Secara internal, smartphone ini memiliki spesifikasi yang gahar. Pasalnya prosesor ASUS Zenfone AR adalah Quadcore berkecepatan 2.35 dan chipset Qualcomm Snapdragon 821. Meski Qualcomm menyatakan bahwa perusahaanya akan merilis Snapdragon 835 untuk produk berikutnya, tetapi Qualcomm menyebutkan bahwa Snapdragon 821 merupakan prosesor terbaik saat ini untuk dukungan VR dan AR. Selain itu Zenfone AR merupakan smartphone pertama yang memiliki RAM sebesar 8GB, ukuran RAM terbesar saat ini. Adapun untuk displaynya, Asus menanam layar Super AMOLED berukuran 5.7” inch QHD 2560 x 1440 pixel yang akan menjadikan smartphone ini dapat menampilkan konten berkualitas terbaik dari dunia virtual reality.

asus-zenfone-ar-camera
Memiliki 3 kamera. Kamera belakang sebesar 23 MP dan dua kamera lain dapat digunakan sebagai motion-tracking dan depth-sensing untuk keperluan VR dan AR

Kamera Zenfone AR

Untuk dapat mendukung Tango dan Daydream, Asus Zenfone AR dibekali dengan tiga kamera. Kamera utama adalah 23 MP Sony IMX 318 dengan dukungan OIS dan rekaman video berkualitas 4K. Untuk dua kamera lainya akan difungsikan sebagai sensor gerak (motion-tracking) dan sensor kedalaman(depth-sensing) yang berfungsi merespon gerakan penggunanya.

Fitur Canggih Lainnya

ASUS Zenfone AR juga dilengkapi lima speaker magnetik yang mendukung audio dengan resolusi tinggi dan DTS virtual surrounding untuk memberikan pengalaman AR dan VR yang sempurna. Asus juga menyatakan bahwa smartphone ini merupakan smartphone dengan kompatibilitas Android Tango tertipis di dunia untuk saat ini. Adapun utnuk sistem operasinya, Asus membekali smartphone ini dengan Android Nougat versi terbaru yang memiliki dukungan untuk google daydream.

Harga dan Ketersediaan

Smartphone ini akan tersedia pada kuartal kedua tahun 2017. Meski demikian Asus belum memberikan pengumuman resmi tentang harga produk barunya yang satu ini.

Spesifikasi ASUS Zenfone AR

  • Layar 5.7 inch AMOLED dengan resolusi QHD(2560 x 1440) pixel
  • Sistem operasi Android 7.0 Nougat
  • 4/8 GB RAM
  • Prosesor 2.35 GHz Quadcore (2×2.35 GHz Kryo & 2×1.6GHz Kryo) dengan chipset Qualcomm 821 Snapdragon
  • Kamera belakang 23 MP (Sony IMX318) yang dibekali dengan OIS
  • Dua kamera tambahan untuk motion-tracking dan depth-sensing
  • Dapat merekam video resolusi 4K
  • Dukungan untuk Project Tango
  • Dukungan untuk Daydream Virtual Reality
  • Baterai 3.300 mAh dengan QuickCharge 3.0

Dikutip dari ASUS

Tinggalkan Komentar