6 Kebiasaan Sepele yang Bisa Memicu Kerusakan Handphone

by Lintang Sunu 115 views0

Keberadaan Handphone sudah tak bisa dilepaskan dari aktivitas kita. Mulai dari hal pertama yang kita cari saat bangun tidur hingga hal terakhir yang kita lihat sebelum tidur adalah handphone. Meski begitu pentingnya benda ini, Namun, banyak dari kita yang tanpa sadar melakukan hal-hal yang berpotensi “merusak” handphone kita. Meski terlihat sepele, namun berbagai kebiasaan yang sering kita lakukan tersebut bisa berakibat fatal.

Kebiasaan yang Tidak Disadari Dapat Merusak Handphone

1. Mengisi daya semalaman

Bagi orang-orang yang memiliki banyak aktivitas mulai pagi hingga sore hari, sering sekali mereka mengisi daya handphone-nya ketika tidur di malam hari. Kebiasaan ini dilakukan agar pada pagi harinya handphone dapat digunakan dengan baterai yang sudah terisi penuh. Padahal, hal ini akan berefek buruk pada kondisi baterai. Jika terlalu sering melakukan charging semalaman, dapat membuat baterai handphone lebih cepat bocor dan rusak.

Baterai yang digunakan handphone zaman sekarang kebanyakan berjenis Li-Ion (Lithium Ion) dan Li-Po (Lithium Polymer). Berbeda dengan jenis baterai pada handphone lama seperti NiCD (NiCad) atau NiMH (Metal), kedua jenis baterai ini tidak mengenal istiah trickel charge. Melakukan pengecasan yang berlebihan justru akan membuat baterai bocor dan “hamil”.

2. Menggunakan dalam kondisi charging

Dalam kondisi charging, suhu handphone akan meningkat dan menjadi panas. Ketika Anda menggunakannya ketika dalam kondisi charging, akan membuat handphone Anda menjadi lebih panas. Apalagi jika digunakan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang berat.

Suhu panas yang berlebihan akan berpotensi membakar komponen-komponen handphone seperti baterai, IC, atau port charging. Bahkan dalam beberapa kasus, terjadi ledakan pada handphone yang dimainkan saat sedang di-cas.

3. Selalu dalam kondisi aktif

Dengan tingkat kebutuhan kita akan handphone yang begitu tinggi, membuat kita selalu membuat handphone kita menyala. Dengan begitu, handphone kita akan terus bekerja tanpa beristirahat. Selayaknya manusia, jika terus beraktivitas tanpa istirahat handphone akan mengalami drop. Sekali-kali istirahatkanlah handphone Anda misalnya ketika Anda sedang tidur.

4. Menaruh di dekat alat elektronik lainnya

Kita biasanya dengan santainya manaruh handphone kita di dekat perangkat elektronik seperti televisi, laptop, komputer, kulkas ataupun sound system. Padahal, dalam perangkat-perangkat elektronik tersebut mengandung medan magnet yang akan dapat merusak handphone kita. Kerusakan yang terjadi adalah pada LCD/layar handphone.

5. Menggunakan charger yang tidak asli

Dalam setiap pembelian handphone, pasti selalu dilengkapi dengan charger. Namun tak jarang charger tersebut rusak ataupun hilang. Untuk mengganti charger tersebut, biasanya kita agak keberatan untuk membeli yang asli karena harganya yang mahal dan lebih memilih memilih charger merk lainnya yang lebih murah.
Namun bukan berarti penggunaan charger yang lebih murah tersebut akan lebih menguntungkan. Setiap handphone memiliki ukuran port dan voltase yang berbeda. Ketika menggunakan charger merek lain, bisa jadi kedua hal tersebut tidak sesuai dengan handphone kita. Hal ini bisa menimbulkan kerusakan pada baterai kita.

6. Dibiarkan kotor

Handphone yang kotor bisa membuat kinerja handphone kita menurun. Debu dan kotoran yang menempel bisa membuat sirkulasi udara handphone kita terganggu dan membuat cepat panas. Handphone juga bisa menjadi sarang kuman dan bakteri bila selalu dibiarkan kotor. Maka jangan biarkan handphone kita kotor dengan selalu membersihkannya secara berkala.

Itulah kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak handphone kita. Apakah Anda termasuk orang yang sering melakukan kebiasaan di atas? Jika iya, maka mulai sekarang hindarilah kebiasaan-kebiasaan tersebut.

Tinggalkan Komentar